Asiknya Belajar Sains - Klasifikasi makhluk hidup adalah suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu. Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah
  1. Domain (Daerah), 
  2. Kingdom (Kerajaan), 
  3. Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), 
  4. Classis (Kelas), 
  5. Ordo (Bangsa), 
  6. Famili (Suku), 
  7. Genus (Marga)
  8. Spesies (Jenis). 
Di masa lalu, semua makhluk hidup terdiri dari dua kategori – tumbuhan dan hewan. Organisme yang tetap diam diklasifikasikan sebagai tanaman, sedangkan hewan terdiri dari semua makhluk hidup yang memiliki kemampuan untuk bergerak. Seiring perjalanan waktu, organisme hidup lainnya ditemukan bahwa dapat dimasukan baik dalam tanaman maupun hewan. Sampai sekarang, semua organisme hidup diklasifikasikan menjadi enam kerajaan berdasarkan modus nutrisi, jenis sel dan jumlah sel dalam tubuh.

Archaebacteria 
Ilustrasi : http://kdhellner.tripod.com/sitebuildercontent/sitebuilderpictures/archaebateria.jpg
Archaebacteria adalah bentuk kehidupan tertua di Bumi. Archaebacteria pertama kali ditemukan di kolam termal yang panas dan ventilasi lautan yang dalam, di mana mereka dapat hidup dalam air mendidih. Mereka dapat ditemukan di banyak habitat lain. Mereka adalah organisme bersel satu tanpa inti. Archaebacteria non-patogenik. Mereka digunakan dalam produksi bio-gas, dalam pengolahan limbah di bidang bioteknologi.

Eubacteria 
Ilustrasi : wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/5/5a/Average_prokaryote_cell-_en.svg/494px-Average_prokaryote_cell-_en.svg.png
Seperti archaebacteria, Eubacteria adalah adalah organisme yang kompleks, organisme bersel tunggal. Mereka adalah jenis bakteri yang ditemukan hampir di mana saja, bahkan di dalam diri Anda. Beberapa Eubacteria bersifat patogen. Anggota kelompok ini memiliki makna besar dalam pengolahan limbah, pengendalian hama secara biologis, makanan fermentasi dan penelitian ilmiah.

Protista 
Ilustrasi : http://www.biologycorner.com/resources/paramecium.gif
Protista dapat bersel tunggal atau multi-sel. Mereka memiliki organel membran-terikat, termasuk inti sejati, dan mungkin memiliki kloroplas, sehingga beberapa protista bisa menjadi berwarna hijau. Beberapa protista mampu bergerak, dan beberapa lagi tidak. Protista memperoleh nutrisi dengan penyerapan, konsumsi organisme lain dan fotosintesis (proses yang mengubah karbon dioksida menjadi senyawa organik dengan menggunakan energi dari sinar matahari). Klasifikasi protista termasuk amuba, ganggang hijau, ganggang coklat, diatom, Euglena dan jamur lendir.

Fungi (Jamur)
Ilustrasi : http://www.jigzone.com/p/jz/jzC/Fungi.jpg
Jamur terdiri dari sekelompok bersel tunggal atau multiseluler, organisme non-motil. Ukuran dari anggota yang termasuk kelompok ini dapat berkisar dari ukuran mikroskopis kecil (ragi)sampai besar (jamur). Organisme diklasifikasikan dalam jamur termasuk jamur payung dan jamur. Jamur adalah tumbuhan heterotrof (mereka memperoleh nutrisi mereka dengan penyerapan dari bahan yang mengandung karbon organik, yang sudah mati dan organisme yang membusuk).

Plantae (Flora)
Ilustrasi : http://classic.sidwell.edu/us/science/vlb/class/plantae/bestflowercycle.jpg
Kerajaan Plantae meliputi organisme multiseluler, organisme hidup non-motil yang memiliki akar, batang dan daun. Organisme ini memiliki dinding sel dan mengandung pigmen klorofil fotosintesis. Oleh karena itu, mereka mensintesis makanan sendiri melalui proses fotosintesis. Organisme diklasifikasikan dalam kerajaan ini meliputi ganggang, lumut, pakis dan tanaman non-berbunga dan berbunga.

Animalia (Fauna)
Ilustrasi : http://www.oum.ox.ac.uk/thezone/animals/animalid/images/class7.gif

Kerajaan Animalia adalah sekelompok organisme multiseluler motil. Beberapa organisme termasuk dalam kerajaan ini adalah serangga, cacing, ikan, reptil, burung, amfibi dan mamalia. Mereka tidak dapat membuat makanannya sendiri, dan modus  nutrisi mereka adalah dengan memakan organisme lain.

Sumber : http://smakita.net/klasifikasi-organisme-6-kingdom-dan-cirinya/

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top