Asiknya Belajar Sains - Sahabat bumi sudah semakin tua, banyak manusia diantara kita kurang memperhatikan lingkungan, gerakan untuk melestarikan lingkungan harus di kembangkan agar bumi tetap hijau dan memberikan kebaikan, oke sahabat berikut akan saya paparkan 7 Hal Kecil Yang Berdampak Buruk Pada Lingkungan


  • Meninggalkan Komputer Dalam Keadaan Menyala

Mengubah mode kemputer ke "Stand By" ketika kita tidak menggunakanya atau meninggalkanya untuk waktu setengah jam atau lebih memang menghemat energi, namun apakah dalam mode "stand by" komputer tidak membutuhkan energi? sebaiknya matikan komputer anda ini sangat membantu untuk benar-benar menghemat energi.
  • Membuang Cartridge Printer

Masih banyak produsen printer yang mendesain printer buatanya dengan cartridge yang difungsikan sekali pakai, perlu diketahui dibutuhkan 2.5 ons minyak untuk membuat satu cartridge printer dan saat ini penggunaan isi ulang  hanya tak lebih dari 10% pengguna printer, jadi bayangkan berjuta ton sampah hanya dari cartridge kecil dari seluruh dunia. 
  • Menggunakan Produk Kecantikan

Berdasarkan United STates Environmental Protection Agency and Cencus Bureau, lebih dari tiga juta ton produk perawatan kecantikan dibuang ke air setiap tahunnya. Produk kecantikan mengandung bahan kimia yang bisa mencemari air dan membunuh hewan-hewan yang hidup di dalamnya. Belum lagi dampak dari kemasan produk kecantikan yang sebagian besar menggunakan bahan plastik dan masih jarang untuk proses daur ulang. Akan lebih baik jika Anda menggunakan produk kecantikan yang alami dan lebih ramah lingkungan.

  •  Membeli Makanan Kalengan

Saat ini sangat banyak makanan mulai dari daging ikan, daging olahan, buah hingga sayuran dikemas dalam wadah kaleng, mungkin dalam hal ini makanan akan terlihat lebih segar, tetapi tahukah anda bahwa semua makanan dalam kaleng mengandung bahan pengawet atau BPA, dari penelitian menunjukkan bahwa adanya bahan estrogenik dalam BPA, bila ingin makanan yang bisa tahan lama, sebaiknya gunakan makanan beku.
  • Sumpit Yang Digunakan Sekali Pakai

Sumpit sekali pakai memang terlihat sangat praktis, tetapi ingat dampaknya. Sumpit dari plastik dan kayu sama-sama memiliki dampak yang buruk bagi bumi kita, sumpit plastik ketika dibuang dan menjadi limbah sampahnya tidak akan bisa terurai, lalu bayangkan saja berjuta pohon yang ditebang untuk dijadikan sumpit yang hanya digunakan sekali saja.
  •  Membeli Banyak Pakaian Atau Celana Denim (Levis)

Levi's sendiri mengaku mereka harus menggunakan setidaknya 3.000 liter air untuk membuat sepasang jeans. Sementara rata-rata orang Amerika memiliki tujuh pasang. Meski begitu tak banyak orang yang mengetahui dan tetap menyukai denim karena bisa dipadu-padankan dengan banyak pakaian. Meski begitu, sejak tahun 2011 Levi's sudah berusaha membuat jeans dengan mengurangi jumlah air yang mereka gunakan.

  • Menggunakan Produk Dari Bambu

Bambu dilihat sebagai bahan yang tepat untuk menggantikan kayu atau kapas. Selain karena zat antibakteri di dalamnya, bambu juga cepat tumbuh. Meski begitu, ini tak sebaik kelihatannya. jutaan bambu yang harus ditebang setiap harinya demi memenuhi kebutuhan pasar akan produk yang dibuat dari bambu. Selain itu, ini juga meningkatkan penggunaan pestisida oleh produsen untuk membuat bambu lebih cepat tumbuh, Penggunaan Pestisida dengan ambang berlebihan akan mengakibatkan rusaknya tanah


Sumber : http://www.kaskus.co.id/forum/630/green-lifestyle


0 komentar:

Posting Komentar

 
Top