Asiknya Belajar Sains - Sir Alexander Fleming, FRSE, FRS, FRCS adalah ilmuwan Skotlandia yang berhasil menemukan penisilin, yaitu sejenis antibiotik yang dihasilkan oleh jamur Penicillium notatum. Zat temuannya ini dapat digunakan untuk membunuh banyak jenis bakteri yang berbahaya bagi tubuh manusia.


Bersama dengan Ernst Chain dan Howard Florey, Baron Florey menerima Hadiah Nobel Fisiologi atau Kedokteran 1945.









Biografi
Alexander Fleming lahir di Ayrshire pada tanggal 6 Agustus 1881, anak seorang petani . Dia pindah ke London pada usia 13 dan kemudian dilatih sebagai dokter . Dia lolos dengan perbedaan pada tahun 1906 dan mulai penelitian di St Mary Hospital Medical School di University of London di bawah Sir Almroth Wright , pelopor dalam terapi vaksin . Dalam Perang Dunia Satu Fleming bertugas di Army Medical Corps dan disebutkan dalam kiriman . Setelah perang , ia kembali ke St Mary .

Pada tahun 1928 , sementara belajar influenza , Fleming menyadari bahwa jamur telah mengembangkan sengaja pada satu set piring budaya yang digunakan untuk menumbuhkan kuman stafilokokus . Cetakan telah menciptakan lingkaran bebas bakteri di sekitar itu sendiri . Fleming bereksperimen lebih lanjut dan bernama penisilin zat aktif . Itu dua ilmuwan lain Namun , Australia Howard Florey dan Ernst Chain pengungsi dari Nazi Jerman , yang mengembangkan penisilin lebih lanjut sehingga dapat diproduksi sebagai obat . Pada persediaan pertama penisilin yang sangat terbatas , tetapi oleh 1940-an itu sedang diproduksi secara massal oleh industri obat Amerika .

Fleming menulis banyak makalah tentang bakteriologi , imunologi dan kemoterapi . Ia terpilih profesor sekolah kedokteran pada tahun 1928 dan profesor emeritus bakteriologi di University of London pada tahun 1948 . Ia terpilih sesama dari Royal Society pada tahun 1943 dan gelar kebangsawanan pada tahun 1944 . Pada tahun 1945 Fleming , Florey dan Rantai berbagi Penghargaan Nobel dalam Kedokteran . Fleming meninggal pada 11 Maret 1955.

Sir Alexander Fleming

Sir Alexander Fleming
Lahir 06 Agustus 1881
Lochfield, Ayrshire, Skotlandia
Meninggal 11 Maret 1955 (umur 73)
London, Inggris
Kewarganegaraan Inggris
Kebangsaan Skotlandia
Bidang Bakteriologi, Imunologi
Alma mater Royal Politeknik Lembaga
Rumah Sakit St Mary Medical School
London Kuliah Imperial
Dikenal atas Penemuan Penisilliun
Penghargaan Penghargaan Nobel Fisiologi atau Kedokteran (1945)
Tanda tangan

Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Alexander_Fleming
http://www.bbc.co.uk/history/historic_figures/fleming_alexander.shtml

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top