Asiknya Belajar Sains - Bukan Sulap dan Bukan Sihir, ini sahabat saya bagi trik sulap menghilangkan koin, sebenarnya bukan sulap beneran sih, ini trik fisika jadi sekalian buat belajar, oke langsung saja.

Pertama-tama siapkan bahan-bahanya
  • Uang koin
  • Gelas Bening
  • Air Mineral (bening)

Langkah kerja
  • Letakkan uang koin diatas meja

  • Ambil gelas bening dan taruh diatas koin, apa kalian masih melihat koin itu?

  • Selanjutnya isi gelas tersebut dengan air, apakah kalian bisa melihat koin itu?



 

Ini Video Tutorialnya


Mengapa koinnya bisa menghilang?
Kita dapat melihat benda jika ada cahaya yang mengenai suatu benda dan cahaya tersebut dipantulkan lagi ke mata kita. Gelas yang kalian pakai untuk percobaan adalah benda bening sehingga bisa meneruskan hampir seluruh cahaya yang mengenai gelas itu. Oleh karena itu, walaupun koin berada di bawah gelas, tetapi koin masih dapat terlihat.

Nah, air juga benda bening, tetapi mengapa koin tidak kelihatan ketika gelas diisi dengan air? Hal ini dikarenakan cahaya yang datang dan melewati dinding gelas yang berisi air mengalami perubahan arah atau pembelokan (pembiasan). Pembiasan cahaya ini hanya akan terjadi apabila cahaya merambat pada dua zat perantara yang kerapatannya berbeda. Air dan gelas memiliki kerapatan yang berbeda sehingga cahaya tidak lagi jatuh ke dasar gelas, dan koinpun menjadi tidak kelihatan.

Sumber : http://www.engineeringtown.com/kids/index.php/percobaan/189-wah-koinnya-hilang

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top