Matthew Boulton dan James Watt
Asiknya Belajar Sains - James Watt adalah seorang penemu Skotlandia dan insinyur mesin , terkenal karena perbaikan dalam teknologi mesin uap .

James Watt lahir di Greenock pada tanggal 18 Januari 1736. Ayahnya adalah seorang pembuat kapal makmur . Watt awalnya bekerja sebagai pembuat instrumen matematika , tetapi segera menjadi tertarik pada mesin uap .

Mesin uap bekerja pertama telah dipatenkan pada tahun 1698 dan pada saat kelahiran Watt , mesin Newcomen yang memompa air dari tambang di seluruh negeri . Pada sekitar 1764, Watt diberi model mesin Newcomen untuk memperbaiki . Dia menyadari bahwa itu putus asa tidak efisien dan mulai bekerja untuk memperbaiki desain . Dia merancang ruang kondensasi terpisah untuk mesin uap yang mencegah kerugian besar uap . Paten pertamanya pada tahun 1769 tertutup perangkat ini dan perbaikan lain pada mesin Newcomen .

Mitra Watt dan pendukung adalah penemu John Roebuck . Pada 1775 , bunga Roebuck diambil alih oleh Matthew Boulton yang dimiliki sebuah bengkel di Birmingham . Bersama-sama ia dan Watt mulai memproduksi mesin uap . Boulton & Watt menjadi perusahaan teknik yang paling penting di negeri ini , memenuhi permintaan yang cukup besar . Awalnya ini berasal dari pemilik tambang Cornish , tapi diperpanjang hingga kertas , tepung , kapas dan pabrik besi, serta distilleries , kanal dan saluran air . Pada tahun 1785 , Watt dan Boulton terpilih rekan-rekan dari Royal Society .

Pada 1790, Watt adalah seorang pria kaya dan pada tahun 1800 ia pensiun dan mengabdikan dirinya sepenuhnya untuk pekerjaan penelitian . Dia mematenkan beberapa penemuan penting lainnya termasuk mesin rotary , mesin double- tindakan dan indikator uap , yang mencatat tekanan uap di dalam mesin .

Watt meninggal pada tanggal 19 Agustus 1819. Sebuah unit pengukuran daya listrik dan mekanik - watt - dinamai untuk menghormatinya .




James Watt

Archimedes Thoughtful (1620)
Lahir 18 Januari 1736 Greenock, Inggris
Meninggal 19 Agustus 1819 Brimingham, Inggris
Tempat tinggal Skotlandia, Britania Raya
Bidang Matematika, fisika, Teknik, Penemu
Dikenal atas Penyempurna mesin uap, Penemu mesin rotary , mesin double-action dan indikator uap , yang mencatat tekanan uap di dalam mesin



Sumber :
http://www.bbc.co.uk/history/historic_figures/watt_james.shtml
https://id.wikipedia.org/wiki/James_Watt

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top