Asiknya Belajar Sains - Grammatophyllum , disingkat dalam perdagangan hortikultura seperti Gram , adalah genus dari 11-12 spesies anggrek . Nama ini berasal dari kata Yunani ' gramma ' (surat ) dan ' phyllon ' ( daun ) , mengacu pada tanda-tanda gelap dalam bunga . Genus epifit ini terjadi di hutan hujan lebat dari Indo -China , ke Indonesia , Filipina , New Guinea , dan pulau-pulau Pasifik Barat Daya .

Spesies menghasilkan beberapa tandan , yang timbul dari dasar pseudobulb , dengan banyak kuning - hijau untuk zaitun hijau , bunga lilin dengan gelap tanda merah keunguan . Pseudobulbs diselimuti oleh selubung . Ini adalah anggrek yang sangat besar menengah , termasuk anggrek raksasa ( Grammatophyllum speciosum ) , diyakini sebagai spesies anggrek terbesar yang pernah ada . Pseudobulbs dapat tumbuh dengan panjang 2,5 m . Tanaman dapat berkembang menjadi kelompok raksasa dengan berat dari beberapa ratus kilogram hingga lebih dari satu ton dengan akar membentuk bundel spektakuler .

Setiap segugusan dapat tumbuh hingga ketinggian 3m, bantalan hingga delapan puluh bunga, lebar masing-masing 10 cm. Bunganya berwarna kuning dengan bintik-bintik merah maroon atau gelap. Bunga-bunga ini luar biasa, karena bunga terendah tidak memiliki bibir dan bunga-bunga ini berfungsi sebagai osmophores untuk seluruh perbungaan dan terus memancarkan aroma kimia untuk menarik penyerbuk seperti bunga terbuka dalam suksesi. Ini mekar hanya sekali setiap dua sampai empat tahun. Anggrek ini bisa tetap mekar hingga lebih dari dua bulan.

Habitat Alamiah
Grammatophyllum speciosum Ini adalah tanaman Indonesia, New Guinea, Malaysia dan Filipina, yang tumbuh di sela-sela pohon besar di daerah bagian hutan hujan tropis dataran rendah 

Scientific classification
Kingdom : Plantae
(unranked) : Angiosperms
(unranked) : Monocots
Order : Asparagales
Family : Orchidaceae
Subfamily : Epidendroideae
Tribe : Cymbidieae
Subtribe : Cyrtopodiinae
Alliance : Cymbidium
Genus : Grammatophyllum
Species : G. speciosum
Binomial name : Grammatophyllum speciosum


 Fakta Tentang Anggrek Harimau (Tebu)
  1. Grammatophyllum Speciosum, atau Anggrek Harimau, adalah anggrek terbesar di dunia. 
  2. Berkembang biak di sela-sela pohon besar, 
  3. Anggrek ini bisa mencapai panjang 15 kaki.
  4. Satu rumpun tanaman pernah tercatat memiliki berat 2 ton. 
  5. Berada di lingkungan panas, hutan tropis yang lembab di kawasan Malaysia, Sumatra, and New Guinea, 
  6. Anggrek ini dikenal karena penampilannya yang luar biasa pada saat berbunga, walupun cuma berbunga sekali dalam 2 sampai 4 tahun.
  7. Bunga anggrek harimau, juga dikenal anggrek tebu, sangat tahan lama dan dapat bertahan sampai 2 bulan. 
  8. Bunganya dapat mencapai 6 in berwana kuning krim denga bintik coklat atau merah tua. Stem bunga dapat mencapai 6-9 in dengan 60-100 kuntum per tangkai.

     

Sumber :
http://en.wikipedia.org/wiki/Grammatophyllum
http://en.wikipedia.org/wiki/Grammatophyllum_speciosum 
http://www.anggrek.org/sp/grammatophyllum-speciosum
Ilustrasi :
http://www.orchidsonline.com.au

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top