Asiknya Belajar Sains - Jamur kancing (Agaricus bisporus), jamur kompos atau champignon adalah jamur pangan yang berbentuk hampir bulat seperti kancing dan berwarna putih bersih, krem, atau coklat muda. Jamur kancing merupakan jamur yang paling banyak dibudidayakan di dunia.

Dalam bahasa Inggris disebut sebagai table mushroom, white mushroom, common mushroom atau cultivated mushroom. Jamur kancing dipanen sewaktu masih berdiameter 2-4 cm. Tubuh buah dewasa dengan payung yang sudah mekar mempunyai diameter sampai 20 cm.

Klasifikasi ilmiah
Kingdom : Fungi
Divisi : Basidiomycota
Kelas : Homobasidiomycetes
Upakelas : Homobasidiomycetidae
Ordo : Agaricales
Famili : Agaricaceae
Genus : Agaricus
Spesies : A. bisporus
Nama binomial :Agaricus bisporus
(J.E.Lange)

Sejarah
Jamur kancing kabarnya sudah dibudidayakan di Perancis pada abad ke-17. Di Eropa konon jamur kancing sudah diketahui tumbuh secara alami di atas tumpukan kotoran kuda sejak zaman kuno di Romawi dan Yunani. Jamur kancing yang berwarna coklat muda merupakan hasil mutasi alami di perkebunan milik seorang petani di Pennsylvania pada tahun 1926.

Ciri fisik jamur kancing
Seperti yang sudah Ubul tulis diatas, jamur ini memiliki bentuk membulat seperti kancing. Umumnya jamur kancing memiliki warna putih bersih, namun ada juga yang berwarna krem atau coklat muda. Jika dibiarkan hingga dewasa, jamur ini akan memiliki "payung" khas jamur yang bisa memiliki diameter hingga 20 cm. Namun jamur yang biasa dikonsumsi adalah jamur yang masih memiliki ukuran relatif kecil, biasanya yang dipanen adalah jamur yang memiliki ukuran atau diameter sekitar 2 hingga 4 cm saja.

Manfaat jamur kancing
Selain nikmat untuk dikonsumsi, ternyata jamur kancing memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan kita. Hal ini tidak lepas dari kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya. Beberapa diantaranya adalah :
  1. Untuk mengontrol dan menurunkan berat badan
  2. Menangkal Radikal Bebas
  3. Mencegah resiko Kanker

 


Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Jamur_kancing
http://keranjang-buah.blogspot.com/2013/06/manfaat-kandungan-jamur-kancing.html

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top